• Home
  • Technology
  • Windows, Sistem Operasi Yang Terhubung Dengan Perangkat Komputer

Windows, Sistem Operasi Yang Terhubung Dengan Perangkat Komputer

Windows merupakan serangkain sistem operasi yang dikembang oleh Microsoft. Pengguna komputer khususnya pengguna aktif tentunya tidak asing lagi dengan windows. Windows ini adalah salah satu sistem operasi komputer yang merupakan media tatap muka antara mesin komputer dengan penggunanya. Namun ada juga beberapa laptop atau personal komputer atau yang lebih dikenal PC yang tidak menggunakan sistem windows sebagai sistem yang digunakan sebagai sistem operasinya.

Setiap versi Windows menyertakan antarmuka pengguna grafis, dengan desktop yang memungkinkan pengguna untuk melihat file dan folder di windows. Selama dua dekade terakhir, Windows telah menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk PC komputer pribadi. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Windows, langsung ajah simak ulasan berikut.

Mengenal Apa Itu Windows

Windows adalah kumpulan program yang dikenal sebagai sistem operasi (OS) yang mengontrol PC (komputer pribadi). Window adalah elemen antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan konten aplikasi agar pengguna dapat melihat dan berinteraksi. Sebuah jendela biasanya merupakan area persegi panjang yang dapat diubah ukurannya dan umumnya dapat diedit sesuai dengan kemampuan dan batasan yang dikenakan oleh aplikasi yang menyediakannya.

Windows sangat penting dalam memfasilitasi multitasking dalam sistem operasi modern, karena memungkinkan pengguna untuk secara visual dan manual beralih antara menjalankan aplikasi dan membuat interaksi umum dengan sistem operasi. Windows biasanya dapat diubah ukurannya oleh pengguna. Misalnya, dapat direntangkan di sisi mana saja, diminimalkan, dimaksimalkan dan di tutup.

Pada sistem operasi multitasking , Anda dapat memiliki sejumlah windows di layar Anda secara bersamaan, berinteraksi dengan setiap jendela kapan pun Anda mau. Windows adalah area terpisah pada tampilan layar komputer dalam sistem yang memungkinkan banyak area tampilan sebagai bagian dari antarmuka pengguna grafis (GUI). Windows dikelola oleh windows manager sebagai bagian dari sistem windowing.

Pertama kali diproduksi oleh Microsoft pada bulan November 1985, telah sering diperbarui sejak, karena memori komputer semakin besar, karena pemrosesan chip menjadi lebih cepat dan tentu saja, ketika internet ditemukan. Sebelum Windows, PC dioperasikan oleh serangkaian perintah teks. Windows pertama kali mulai digunakan secara umum sebagai bagian dari Apple Macintosh.

Kemudian, Microsoft membuat ide dasar sistem operasi Windows-nya (yang sebenarnya merupakan antarmuka pengguna grafis untuk sistem operasi Disk Operating System (DOS) pada PC yang kompatibel dengan IBM). Sistem X Window dikembangkan sebagai sistem windowing lintas platform terbuka untuk digunakan dalam jaringan. Ini memungkinkan aplikasi client di satu komputer untuk meminta layanan windowing di komputer workstation pengguna.

Versi Awal Windows

Microsoft merilis versi pertama Windows pada tahun 1985 sebagai antarmuka grafis untuk komputer yang menjalankan MS-DOS. Windows mempermudah penggunaan komputer dengan menyediakan menu dan tombol intuitif sebagai pengganti perintah teks untuk menjalankan program dan mengelola sistem. Windows juga memungkinkan beberapa program tetap terbuka pada saat yang bersamaan. Era Windows ini sebagai antarmuka DOS berlangsung melalui rilis Windows 3.1 pada tahun 1992.

Era Windows Modern

Windows 95 menandai versi pertama Windows untuk mengandalkan MS-DOS – untuk pertama kalinya, pengguna dapat menghindari akses command prompt. 95 juga memperkenalkan menu Start, yang menjadi bahan pokok sistem. Meskipun Windows mengalami banyak perubahan gaya dan peningkatan fungsional, penampilan dan pengoperasian dasarnya tetap sama melalui Windows 98, Windows ME, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, serta sistem yang berorientasi bisnis termasuk Windows 2000.

Windows 8

Dengan peluncuran Windows 8 pada 2012, Microsoft secara dramatis mengubah tampilan sistem, menambahkan antarmuka layar penuh yang menampilkan ubin dan aplikasi dengan maksud membenamkan pengguna dalam aktivitas online. Microsoft menggunakan estetika baru ini untuk menyatukan produk-produknya, menyediakan tata letak yang serupa pada tablet dan telepon Windows berbasis sentuhan serta pada konsol game Xbox 360 dan Xbox One. Pada PC, antarmuka desktop tetap sebagai opsi untuk menjalankan program tradisional.

Windows 10

Microsoft mengumumkan Windows 10 pada September 2014, melompati Windows 9. Versi 10 mencakup menu Start, yang tidak ada pada Windows 8. Fitur desain responsif yang disebut Continuum menyesuaikan antarmuka tergantung pada apakah pengguna bekerja dengan layar sentuh atau keyboard dan mouse untuk memasukkan. Fitur-fitur baru seperti tombol kembali di layar input sentuh disederhanakan. Microsoft mendesain OS untuk memiliki antarmuka yang konsisten di seluruh perangkat termasuk PC, laptop dan tablet.

Perkembangan Windows

Konsep Windows pertama kali dikembangkan di Stanford Research Institute oleh Douglas Engelbert. Prototipe awal mereka memiliki beberapa jendela, tetapi tidak ada cara untuk membedakan antara mereka karena mereka tidak memiliki batas, judul bar atau elemen GUI lain yang kita kenal sekarang.

Penelitian dilanjutkan di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto (PARC) yang dipimpin oleh Alan Kay, yang kemudian pada 1980-an muncul dengan istilah WIMP, yang berarti “jendela, ikon, menu dan penunjuk”. Apple mengembangkan antarmuka berbasis WIMP dan menggunakannya di komputer Lisa mereka. Beberapa saat kemudian Microsoft merilis OS sendiri dengan sistem windowing yang dikenal sebagai Microsoft Windows.

Ada banyak jenis dan elemen windows, tetapi yang paling umum adalah aplikasi atau jendela utama, yang digunakan untuk secara langsung antarmuka pengguna dan aplikasi. Ini berisi bingkai perbatasan, bilah judul dan beberapa tombol kontrol seperti perkecil, maksimalkan dan tutup. Berlawanan dengan pengetahuan umum, ada banyak jenis windows dan sejumlah elemen UI seperti tombol dan kotak edit adalah windows itu sendiri.

Mereka disebut jendela kontrol dan ditempatkan relatif ke jendela aplikasi dan bergerak bersamanya, serta berkomunikasi dengan jendela aplikasi dengan memberikan pemberitahuan klik, misalnya.

Kualitas jendela:

  • Menempati area tertentu pada layar
  • Mungkin atau mungkin tidak terlihat pada saat tertentu
  • Menanggapi peristiwa pengguna dan sistem operasi
  • Menghasilkan sendiri

Manfaat Dari Windows

Manfaat dan fitur utama Windows

  1. Mengizinkan pengguna berinteraksi dengan komputer (melalui keyboard, mouse, mikrofon, dll.).
  2. Mengontrol penyimpanan data (gambar, file, musik).
  3. Mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer seperti webcam, pemindai dan printer.
  4. Membantu membuka dan menutup program (pengolah kata, game, editor foto, dll.). Dan memberi mereka bagian dari memori komputer untuk memungkinkannya bekerja.
  5. Mengontrol akses apa yang dimiliki komputer, yang dimiliki oleh pengguna dan keamanan komputer.
  6. Berurusan dengan kesalahan dan instruksi pengguna dan mengeluarkan pesan kesalahan sederhana.
  7. Mempromosikan multitasking dengan memungkinkan pengguna melakukan beberapa hal di komputer sekaligus – misalnya, menonton video sambil menulis surat.

Sistem operasi lain juga tersedia, terutama Apple OS X yang digunakan di komputer Mac. Selain itu, dengan meningkatnya penggunaan smartphone, notes dan tablet, ada sistem yang ditujukan langsung pada perangkat seluler. Namun, kebanyakan orang yang belajar menggunakan komputer melakukannya pada sistem yang menjalankan Windows.

Fungsi Windows

Microsoft Windows berfungsi sebagai inti dari sebagian besar komputer desktop dan laptop, dengan sekitar 90 persen menjalankan beberapa versi sistem operasi. Pada dasarnya, Windows menawarkan platform untuk menjalankan program lain. Microsoft telah membangun pada platform ini selama tiga dekade terakhir, menambahkan lebih banyak antarmuka pengguna dan fitur yang membuat komputer beroperasi dengan lebih kuat dan lebih mudah digunakan.

Fungsi dari sistem operasi windows adalah sebagai berikut:

  • Mengelola dan mengendalikan data input dan output.
  • Memiliki dukungan driver yang lebih banyak
  • Menghubungkan antara sofware (perangkat lunak) dengan hadware (perangkat keras) yang memudahkan untuk terintegrasi bekerja secara konsisten dan stabil.
  • Perkembangan yang impresif dibandingkan software lainnya sebab banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
  • Mengendalikan ataupun mengelola sumber daya yang sedang dijalankan bahkan sofware perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer ataupun laptob.
  • Terdapat aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya.
  • Mengelola proses mulai dari tahap persiapan, penjadwalan, serta pemantauan terhadap program yang berfungsi.
  • Sistemnya bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows.

Alasan untuk memeriksa segmen fungsi yang lebih lama termasuk deteksi peristiwa sementara dan rata-rata waktu dari spektrum frekuensi. Durasi segmen ditentukan dalam setiap aplikasi dengan persyaratan seperti resolusi waktu dan frekuensi. Tetapi metode itu juga mengubah kandungan frekuensi sinyal dengan efek yang disebut kebocoran spektral. Fungsi windows memungkinkan anda untuk mendistribusikan kebocoran secara spektral dengan cara yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan aplikasi tertentu.

Apa kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows?

Windows hanya dapat dikelola oleh teknisi Microsoft yang bersertifikat dan berlisensi. Jika Anda mampu membayar perbaikan mahal untuk Windows, setidaknya Anda harus tau bahwa teknisi yang melakukan perbaikan dilatih oleh Microsoft dan telah lulus tes untuk diizinkan memperbaiki Windows Anda.

Ini merupakan bagian sistem operasi dari Microsoft. Bahasa pemrograman seperti Visual Home Page, Situs resmi Microsoft ASP.NET, Visual C #, Visual C ++ digunakan maka lebih baik memilih hosting windows. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi windows.

Kelebihan

Berikut adalah kelebihan yang terdapat dalam sistem operasi windows:

  1. Kemudahan: Microsoft Windows telah membuat banyak kemajuan dan perubahan yang membuatnya mudah untuk menggunakan sistem operasi. Meskipun bukan yang termudah, itu lebih mudah dari linux.
  2. Perangkat Lunak: Karena ada lebih banyak pengguna Microsoft, ada lebih banyak program perangkat lunak, permainan dan utilitas untuk windows. Hampir semua gim kompatibel dengan windows, beberapa gim intensif CPU dan grafis intensif juga didukung.
  3. Perangkat Keras: Semua produsen perangkat keras akan mendukung Microsoft windows. Karena sejumlah besar pengguna Microsoft dan driver yang lebih luas, semua perangkat-perangkat keras didukung.
  4. Ekstensi Halaman Depan: Saat menggunakan program desain web populer yang memiliki windows hosting membuatnya jauh lebih mudah. Anda tidak perlu khawatir apakah itu didukung atau tidak.
  5. Pengembangan: Jika Anda berencana untuk mengembangkan aplikasi berbasis windows maka platform windows paling disarankan karena linux tidak mendukung aplikasi windows.

Kekurangan

Sistem operasi windows memiliki kekurangan yaitu sebagai berikut:

  1. Harga: Microsoft windows mahal dibandingkan dengan Linux karena setiap lisensi harganya antara $ 50,00 – $ 100,00.
  2. Keamanan: Jika dibandingkan dengan linux, ia jauh lebih rentan terhadap virus dan serangan lainnya.
  3. Keandalan: Ini perlu di-boot ulang secara berkala kalau tidak ada kemungkinan hang up dari sistem.
  4. Biaya Perangkat Lunak: Meskipun windows memiliki perangkat lunak, permainan gratis sebagian besar program akan menelan biaya lebih dari $ 200.

Perbedaan Dalam Edisi Sistem Operasi Windows

Dimulai dengan Windows XP, Microsoft memisahkan Windows untuk memberikan fitur berbeda kepada audiens yang berbeda. Windows 10, misalnya, memiliki beberapa edisi termasuk edisi Windows 10 Home, Pro dan Enterprise.

Microsoft membuat sistem operasi konsumen untuk pengguna dalam pengaturan sistem operasi biasa. Sistem operasi perusahaan dirancang untuk organisasi besar dalam lingkungan bisnis. Perangkat lunak perusahaan cenderung memiliki lebih banyak kemampuan penyesuaian dan fitur yang dapat dimanfaatkan organisasi, seperti paket keamanan atau bahasa.

Microsoft mendesain Windows 10 Home untuk konsumen dan dirancang untuk beroperasi pada PC, tablet dan perangkat 2-in-1. Microsoft membangun Windows 10 Pro sebagai OS dasar untuk bisnis apa pun, sementara itu mengembangkan Windows 10 Enterprise untuk bisnis dengan kebutuhan keamanan yang lebih tinggi.

Fitur keamanan berbeda dari Windows 10 edisi Home, Pro dan Enterprise. Windows 10 Home mencakup fitur keamanan dasar seperti Windows Defender, Enkripsi Perangkat dan Perlindungan Informasi Windows. Windows 10 Pro menambahkan lebih banyak fitur keamanan seperti Bitlocker, Windows Defender System Guard, Windows Defender Exploit Guard dan Windows Defender Antivirus.

Windows 10 Enterprise identik dalam fitur dan fungsionalitas untuk Pro tetapi menambahkan lebih banyak fitur keamanan seperti Windows Defender Credential Guard, Windows Defender Application Guard dan Windows Defender Application Control.

Windows versus macOS

MacOS adalah OS berbasis GUI yang dikembangkan dan dimiliki oleh Apple. MacOS adalah OS utama untuk komputer Apple. Apple memperkenalkan macOS pada tahun 1984. Perusahaan ini merilis versi konsumen pada tahun 2001 dengan macOS X 10.0, yang menarik pujian untuk antarmuka penggunanya, tetapi kritik atas kinerjanya.

Setelah macOS X 10.0, Apple mengembangkan versi macOS X yang lebih baru dari 10.0-10.14. Versi sebelumnya dinamai kucing besar, seperti Tiger, Puma, Snow Leopard dan Mountain Lion. MacOS 10.4.4, atau Tiger, adalah pembaruan penting, yang meningkatkan kinerja dengan pemrosesan grafik dan pencarian file. Versi MacOS X kemudian dinamai berdasarkan landmark California seperti Yosemite, Sierra atau Mojave.

Windows versus Linux

Linux adalah OS open source yang dibangun di atas kernel Linux. Dirilis pada tahun 1991, Linux memuat dan membongkar kernelnya pada saat runtime, yang berarti pengguna dapat menambahkan perangkat lunak atau perangkat keras ke sistem Linux tanpa perlu reboot.

Kesimpulan

Windows adalah serangkaian sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Setiap versi Windows menyertakan antarmuka pengguna grafis, dengan desktop yang memungkinkan pengguna untuk melihat file dan folder di windows. Selama dua dekade terakhir, Windows telah menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk PC komputer pribadi. Perkembangan windows mulai dari awal muncul memang terus berkembang hingga sekarang.

Hal ini tentu karena perusahaan Microsoft yang selalu mengutamakan keefisiensian dan inovasi dari sebuah sistem operasi guna membantu meringankan pekerjaan manusia. Dengan fungsi Microsoft Windows ini, system operasi demikian terus berkontribusi dan berkembang hingga terdapat puluhan jutaa pengguna komputer atau laptob yang menggunakan windows sebagai system operasinya. semoga ulasan di atas dapat membantu anda dan menambah wawasan anda.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Lorna Huang